SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII
(Tujuh) / 1
Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menghayati
nilai-nilai akidah Islam
1.2.
Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
1.3. Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4. Menghayati adab salat dan zikir
1.5. Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
2.1.
Menampilkan
perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Menampilkan
perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani,
dan ma‘nawiyah, sifat-sifat
mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT.
2.3.
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4.
Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5.
Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
3.1.
Memahami dalil, dasar, dan tujuan
akidah Islam
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
|
3.1.1.
Menjelaskan pengertian akidah Islam
3.1.2.
Mengidentifikasi dalil tentang akidah Islam
3.1.3.
Menguraikan dasar-dasar akidah Islam
3.1.4. Menyimpulkan tujuan akidah
Islam
3.1.5. Membandingkan hubungan
unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan)
4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah
Islam.
|
· Dalil, Dasar, Dan Tujuan
Akidah Islam
· Fakta
dan fenomena kebenaran Akidah Islam
|
Mengamati:
·
Menyaksikan gambar, taangan
vedio tentang venomena kebenaran akidah Islam
·
Membaca dan menyimak
ayat tentang akidah Islam
Menanya:
·
Secara berpasangan melakukan tanya jawab tentang akidah Islam
·
Menuliskan pertanyaan tentang akidah
Islam
Mengeksplorasi:
·
Membaca buku siswa dan
buku sumber materi tentang akidah
Islam
·
Mengakses internet untuk mendapatkan
informasi dan bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran
·
Mendiskusikan dalil,
pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya
(iman, islam,dan ihsan),serta kebenaran akidah Islam
Mengasosiasi:
·
Menelaah dan menghubungkan apa yang
didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki
·
Merumuskan kesimpulan makna dalil,
pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya
(iman,islam,dan ihsan) tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan
·
Membuat kesimpulan fenomena-fenomena
tentang kebenaran akidah Islam
Mengkomunikasikan:
·
Presentasi hasil diskusi dan
analisis dalil tentang akidah
islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan hubungan antara satu dan
lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah Islam
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang
sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
2-TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah SWT.
4.2. Menyajikan contoh
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil, dan jaiz Allah SWT
|
3.2.1.
Menjelaskan
pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.2.
Mengidentifikasi dalil tentang sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan
maknawiyah
3.2.3.
Menguraikan pengertian sifat
mustahil bagi Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.4.
Membandingkan sifat wajib,sifat jais sifat mustahil Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.
Menyimpulkan
sifat-sifat Allah yang harus dimengerti orang beriman
4.2.1.
Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.
|
· Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat
mustahil dan jaiz bagi Allah
SWT.
· Contoh
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil dan jaiz
|
Mengamati :
· Mengamati gambar-gambar
dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga
sifat-sifat Allah SWT.
· Menyimak penjelasan
guru tentang pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat
mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab
tentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan atau video
yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga
sifat-sifat Allah SWT.
· Menanyakan ulang
tentang pengertian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz
Allah SWT.
Mengeksplorasi :
· Membaca dari berbagai
sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
· Mendiskusikan
pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani
dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.
· Menggali dari berbagai
sumber/media tentang fenomena-fenomena
kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengasosiasi:
· Saling mencocokkan
rumusan tentang pengertiansifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
· Membuat peta konsep tentangpembagian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
· Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah SWT.
· Menyimpulkan fenomena-fenomena
kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengkomunikasikan:
· Mempresentasikan
/menyajikan contoh tentang
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil dan jaiz
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
4-TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.3. Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
4.3. Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan
dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf,
dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas beribadah
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang
taat beribadah
3.3.3. Menganalisis contoh khauf,
3.3.4. Mendiskripsikan dampak positif tobat
3.3.5.Mengevaluasi perilaku ikhlas
4.3.1. Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan
dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pengertian,contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.
· Kisah-kisah
yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan
tobat dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati
:
· Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian ikhlas,
taat, khauf, dan tobat
· Mengamati contoh gambar/video tentang Akhlak Terpuji
Menanya
·
Melakukan
tanya jawab pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
· Melakukan tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak terpuji
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasti tentang pengertianikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Berdiskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengasosiasi:
·
Tukar informasi tentang cara
melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Membuat peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan /menyajikan hasil
diskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan
Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.4. Memahami adab salat dan zikir
4.4. Mensimulasikan adab salat dan zikir
|
3.4.1.Menjelaskan
pengertian adab salat
3.4.2 Mengidentifikasi dalil tentang adab salat
3.4.3 Menganalisis adab-adab salat
3.4.4 Mendiskripsikan ada- adab berdzikir
3.4.5.Mengevaluasi
perilaku orang yang mengamalkan adab sholat/dzikir
4.4.1 Mempraktikkan adab salat/zikir
|
· Adab Salat Dan Zikir
|
Mengamati:
·
Menyimak penjelasan guru tentang adab salat dan
zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video visual
Menanya:
·
Menanyakan ulang tentang adab salat
dan zikir
·
Melakukan tanya jawab terkait dengan
materi adab salat dan zikir
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab
salat
·
berdiskusi tentang adab salat dan
zikir
Mengasosiasi:
·
Mengaitkan apa yang diperoleh dan
penjelasan guru.
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang
adab dandzikir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan konsep
hasil diskusi
·
Mempraktikkan adab salat dan zikir
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.5. Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya
4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
3.5.1.
Menjelaskan kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.5.2.
Mengidentifikasi hikmah kisah
keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3.
Menganalisis
isi kisah keteladanan
nabi Sulaiman a.s.
3.5.4.
Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman
a.s.
3.5.5.
Menyimpulkan
isi kisah keteladanan
nabi Sulaiman a.s.
4.5.1.
Menyajikan cuplikan
kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
· Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah Nabi
Sulaiman dan umatnya
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang kisah
Nabi Sulaiman dan umatnya tersebut
Eksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab
salat dan doa melalui buku sumber,majalah, internet, lingkungan
·
Mendiskusikan keteladanan Nabi
Sulaiman
·
Mengidentifikasi keteladanan kisah Nabi
Sulaiman
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh
keteladanan nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh keteladanan nabi
Sulaiman a.s.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan
Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
Mengetahui
Wonopringgo, Juli 2019
Kepala MTs Gondang Guru
Mata Pelajaran
Kastolani, S.Pd Dani Robbina,
S.Pd
NIP. NIP.
-
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII
(Tujuh) / 2
Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT. melalui al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
1.2. Meyakiniadanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib
lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3. Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4. Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
1.5. Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
2.1.
Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
2.2.
Memilikiperilaku
beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis,
dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3.
Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq
2.4. Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur’an dan adab
berdoa
2.5. Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
3.1. Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
|
3.1.1 Menyebutkan
9 nama asmaul Husna
3.1.2 Menjelaskan arti masing- masing asmaul
Husna
3.1.3 Menunjukkan dalil tentang masing-masing
sub asmaul Husna
3.1.4 Mendiskripsikan manfaat perilaku
meneladani asmaul husna.
3.1.5 Menyimpulkan pelajaran baik dari asmaul
husna
4.1.1
Menyajikan fenomena, fakta atau
bercerita tentang peristiwa, yang terkait dengan penerapan asmaul Husna.
|
· Nama-nama asmaul Husna
· Pengertian asmaul husna
· Dalil naqli dan aqli tentang asmaul husna
|
Mengamati:
· memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan
dengan materi
Menanya:
· bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan asma’ al
Husna
· Membaca atau membuka wawasan tentang
sifat dan nama Allah SWT(al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf,
al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Eksplorasi:
· Mencari dan menemukan sumber belajar, menganaalisis, menalar, dengan
mencari kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Mengasosiasikan:
· Saling tukar informasi tentang nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
· Menyimpulkan informasi tentang nama Allah
Mengkomunikasikan:
· Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi
sub asmaul Husna.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru
mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang
mendukung
|
3.2. Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah
serta makhluk gaib lainnya, seperti jin,
iblis, dan setan
4.2. Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang
kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
3.2.1
Menjelaskan dalil-dalil yang terkait
dengan malaikat
3.2.2. Menganalisis tugas-tugas Malaikat
3.2.3.
Mengidentifikasi sifat-sifat Malaikat
3.2.4. Mengidentifikasi karakteristik makhluk
ghaib lainya
3.2.5. Menyimpulkan tatacara menjaga diri agar
terhindar dari pengaruh makhluk ghoib
4.2.1 Mempresentasikan karakteristik makhluk
hgoib seperti jin, iblis, dan setan
|
· Pengertian tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta mahluk ghaib
· Kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Mengamati:
· Mengamati gejala alam untuk memberi bekal tentang hal-hal yang bersifat gaib seperti peristiwa angin, perilaku orang yang
melakukan larangan Allah
Menanya:
· Saling bertanya tentang malaikat, makhluk gaib dan bagaimana mempercayai hal-hal yang gaib
Mengeksplorasi:
· Menggali informasi tentang tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengasosiasikan:
· Saling tukar informasi tentang tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengkomunikasikan:
· Mempresentasikan antar kelompok tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya,
seperti jin, iblis, dan setan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah
Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.3. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq
4.3. Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq
serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1. Menjelaskan
pengertian riya
3.3.2. Menjelaskan
pengertian nifaq
3.3.3. Mengidentifikasi
akhlak tercela riya’ dan nifaq
3.3.4. Menganalisis
pengaruh negatif riyak dalam kehidupan
3.3.5. Menyimpulkan
hikmah menghindari akahlak negatif
4.3.1. Mensimulasikan
contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Pengertian akhlak
riya dan nifaq
·
Ciri-ciri riya’
·
Ciri-ciri nifaq
· Cnth
riya dan nifaq
|
Mengamati:
· Gejala prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq
Menanya;
· Memberi tanggapan praktik perilaku dalam kehidupan
sehari-hari tentang ahlak tercela riya’ dan nifaq
Mengeksplorasi:
· Menggali informasi tentang akhlak tercela riya’ dan
nifaq
Mengasosiasikan:
· Saling tukar informasi dalam mengelompokkan akhlak tercela riya’ dan nifaq
·
Mengkomunikasikan:
· Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh
dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata
pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
3.4. Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
4.4. Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
3.4.1.
Menjelaskan adab membaca al-Qur’an
3.4.2. Mengidentifikasi dalil tentang adab membaca
al-Qur’an
3.4.3. Menganalisis jenis- jenis adab membaca
al-Qur’an
3.4.4. Mendiskripsikan adab berdoa yang dianjurkan
Nabi
3.4.5.
Menyimpulkan hikmah mengamalkan adab
berdoa
4.4.1. Mempraktikkan adab
membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
·
Tata cara Adab Membaca Al-Qur’an dan
Adab berdoa
|
Mengamati:
· Mencermati beberapa gambar tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa
Menanya;
· Memberi tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa
Mengeksplorasi
· Menggali informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan
adab berdoa
Mengasosiasikan:
· Mengidentifikasi persamaan atau perbedaan tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
· Menyimpulkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengkomunikasikan:
· Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
2 TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan
Tafsir,
·
Lingkungan alam
yang mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
3.5.
Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi
4.5.
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
4.5.2.
Menjelaskan kisah Ashabul
Kahfi.
4.5.3.
Mengidentifikasi hikmah kisah Ashabul Kahfi
4.5.4.
Menganalisis isi
kisah keteladanan Ashabul Kahfi.
4.5.5.
Mengevaluasi contoh
orang/tokoh yang meneladani Ashabul Kahfi.
4.5.6.
Menyimpulkan isi
kisah keteladanan Ashabul Kahfi.
4.5.7.
Menyajikan cuplikan
kisah menarik keteladanan Ashabul
Kahfi
|
·
Kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
Mengamati:
· Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Menanya:
· Memberi tanggapan tentang kisah yang dibaca tentang Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Mengeksplorasi:
· Menggali
informasi tentang cerita keteladanan Askahbul Kahfi
Mengasosiasikan:
· Menyusun cerita secara sistematis tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
· Membuat resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
Mengkomunikasikan:
· Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Kejelasan dan kedalaman informasi yg
diperoleh
·
Keaktifan dalam diskusi
·
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
·
Tes tulis
·
Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman guru
mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan
Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet yang
mendukung
|
Mengetahui
Wonopringgo, Juli 2019
Kepala MTs Gondang Guru
Mata Pelajaran
Kastolani, S.Pd Dani Robbina,
S.Pd
NIP. NIP.
-
0 komentar
Posting Komentar